Rabu, 28 Maret 2018

Ikon-Ikon negara-negara Asia Tenggara




Monas di Jakarta, Indonesia

Monumen Nasional atau yang populer disingkat dengan Monas atau Tugu Monas adalah monumen peringatan yang tingginya mencapai 132 meter ( 433 kaki ) yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan jasa perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda.
Pembangunan monumen ini dimulai pada tanggal 17 Agustus 1961 di bawah perintah Presiden Sukarno.dan dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975. Tugu ini dimahkotai lidah api yang dilapisi lempengan emas yang melambangkan semangat perjuangan yang menyala-nyala,monumen Nasional terletak tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Monumen dan museum ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 - 15.00 Waktu Indonesia Barat. Pada hari Senin pekan terakhir setiap bulannya



Singapura

Patung merlion di Singapura
Merlion atau singa laut adalah patuh yang berkepala singa dengan badan seperti ikan, namanya merupakan gabungan dari ikan duyung dan singa ,merlion dirancang oleh Fraser Brunner untuk badan pariwisata singapura  pada tahun 1964 dan dipergunakan sebagai logonya hingga 1997

Perdana menteri saat itu, Lee Kuan Yew, meresmikan upacara pemasanga Merlion di Singapura pada 15 September 1997

Merlio tetap menjadi lambang merek dagang nya hingga sekarang  , dan juga seringkali muncul dalam souvenir yang disetujui oleh badan pariwisata singapura , patung asli Merlion berdiri di mulut sungai Singapura sementara sebuah replika yang lebih tinggi dapat ditemukan di Pulau Sentosa , tinggi Merlion ini 8.6 meter dan bertannya 70 ton, Patung Merlion dibangun dari campuran semen oleh seniman Singapura , Lim Nang Seng

Menurut  publikasi badan pariwisata Singapura, makluk berkepala singa dan bertuh ikan ini mengikatkan kisah tentang Nila Utama yang legendaris yang melihat seekor singa selagi berburu di sebuah pulau ,dalam perjalannya ke Malaka ,Pulau itu belakangan dikenal sebagi pelabuhan Temasek ,yang kemudian menjadi singapura





Malaysia

Menara kembar Petronas di Malaysia
Menara Petronas adalah dua buah pencakar langit kembar di Kuala Lumpur, Malaysia yang sempat menjadi gedung tertinggi di dunia dilihat dari tinggi pintu masuk utama ke bagian struktur paling tinggi.

Menara ini dirancang oleh Adamson Associates Architects, Kanada bersama dengan Cesar Pelli dari Cesar Pelli of Cesar Pelli & Associates Architects Amerika serikat yang selesai dibangun setinggi 88 lantai pada 1998 dengan desain Interior yang merefleksikan budaya Islam yang mengakar di Malaysia
.
Pada 17 Oktober 2003, Taipei 101 mengambil rekor menara kembar ini.Tetapi Menara Kembar Petronas tetap memegang gelar menara kembar tertinggi di dunia.


Myanmar

Pagoda emas Shwedagon di Myanmar
         Pagoda adalah bangunan suci, tempat beribadah umat Buddha. Pagoda biasanya ada di negara-negara, yang kebanyakan penduduknya beragama Buddha. Nah, salah satunya Pagoda Shwedagon di Kota Yangon, Myanmar.
Shwedagon memiliki makna dari tiap katanya yaitu : Kata “Shwe” artinya emas dan “Dagon” adalah nama kota Yangon, dulu.  Konon, usia pagoda ini sudah lebih dari 2.000 tahun, lo! Di atas pagoda ini terdapat stupa berlapis emas, yang tingginya  99 meter. Menurut sejarah, awalnya bangunan pagoda ini tidak berlapis emas. Namun, setelah sempat roboh, pagoda ini dibangun kembali. Barulah stupanya diberi  lapisan emas seberat 40 kg.
Tempat yang suci
Pagoda Shwedagon merupakan tempat ibadah paling suciSetiap harinya banyak orang yang sengaja datang untuk berdoa. Mereka berdoa dengan berbagai cara. Ada yang berlutut di depan patung Buddha, ada yang memandikan patung, juga memasang lilin dan dupa.
Selain tempat ibadah, bentuknya yang menarik, membuat banyak orang datang ke sana. Saat ini, Pagoda Shwedagon jadi salah satu objek wisata terkenal di Myanmar. Tak heran kalau banyak wisatawan, yang berkunjung ke sana. Namun, berhubung ini tempat yang disucikan, para pengunjung yang datang harus patuh pada aturan. Apalagi di sana terdapat beberapa benda suci, peninggalan Sang Buddha.
Beberapa aturannya adalah saat  masuk area pagoda, harus mengenakan pakaian yang sopan. Juga, melepaskan alas kaki, topi, tidak boleh buang sampah sembarangan, dan tidak boleh berisik.
Kalau berkunjung ke Myanmar mampir ke sana, ya. Pagoda ini ada di bukit Singuttara di atas permukaan laut. Kilau emasnya, tampak dari berbagi sudut Kota Yangon.
Di Indonesia ada replika pagoda ini, lo. Tepatnya di komplek International Buddhis Centre, Taman Alam Lumbini, Desa Dolat Rayat, Brastagi, Sumatera Utara.

referensi : http://bobo.grid.id/Sejarah-Dan-Budaya/Budaya/Pagoda-Emas-Shwedagon-Yang-Megah-Dan-Suci


9 komentar:

  1. bro itu lambang Asean nya salah Besar kenapa Bendera INDONESIA terbalik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas kunjugannya, dan terimakasih atas perhatiannya, sudah saya ganti ya . . .

      Hapus
  2. Balasan
    1. iya betul, asia tenggara memang sangat menarik dan unik

      Hapus
  3. Balasan
    1. Terimakasih atas kunjungannya dan terimakasih atas masukannya, baik akan saya lengkapi . . .

      Hapus
  4. Laos,vietnam,philipina,kamboja,thailand,dan brunei darussalam ada Gk sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada, minggu ini saya buatkan untuk negara tsb

      Hapus
  5. negara lainnya gaada? kya laos, vietnam, kamboja, brunei, thailand, ko gaada?

    BalasHapus